Skip to main content

Kertas Putih

Gua takut sama masa depan. Gua belum siap. Gua belum siap jadi orang dewasa. Gua nggak ngerti gimana orang lain ngelaluin ini. Apa gua terlalu banyak mikir? Jelas banget nggak soalnya gua dapet nilai jelek di banyak pelajaran. Jadi apa yang salah sama gua? Kenapa orang lain kayaknya gampang banget ngelewatin masa ini? Masa yang orang lain labelin 'transisi' sedangkan gua 'neraka'.

Gua nggak mau ngerti banyak hal. Gua nggak minta ngerti banyak hal. Gua suka pikiran naif gua. Gua suka pendapat-pendapat polos gua. Ngeharepin yang terbaik dari semua orang. Berpendapat nggak ada satu pun manusia yang punya niatan jahat. Tapi semakin ke sini, semuanya malahan semakin bertolak belakang, dan gamblang.

Kenapa ada anak yang pengen banget dipandang baik sama guru?
Kenapa kita harus ngejelekin orang lain supaya dianggep lucu sama orang-orang?
Kenapa kita harus pura-pura kalo hal-hal yang di luar jangkauan kita itu sesuatu yang murah?
Kenapa gua egois?
Kenapa pikiran tentang orang lain jarang hadir di otak gua?
Dan kenapa kalau pun ada yang muncul, itu pikiran tentang orang yang gua tertarikin ('tertarikin' itu kata, kan?)?

Iya. Gua terlalu cinta sama diri gua sendiri. Banyak orang lain yang lebih susah dari gua. Dan gua selalu gagal buat nyadarin itu. Gua selalu nanya kenapa gua yang dikasih hukuman. Bukan orang-orang berkerah di TV yang dibilang suka korupsi atau orang-orang bodoh yang mikir mereka bisa lolos dari nyekek leher orang lain dengan ngalungin tali rafia di lehernya.

Dan kenapa mereka bodoh? Orang-orang itu. Gua tau gua bukan lampu paling terang di tanning bed, malahan yang paling redup mungkin nginget gua sering banget remedial pas ulangan, tapi gua tau yang mana yang bener, yang mana yang salah. Mereka nggak. Dan sekali lagi gua minta maaf karena terlalu narsistis ('narsistis' juga kata, kan?). Cuma aja gua kenal orang dan dia pinter banget--ecara teori. Dia selalu dapet nilai bagus, dia rajin, tapi nggak tau kenapa, dia nggak ngerti hal-hal yang paling sederhana. Yang dasar. Seolah-olah dia tinggal di era 30-an atau beberapa puluh tahun sebelumnya. Dan buruknya, pikirannya tertutup. Gua nggak tau caranya nembus tembok bangunan dia. Di akhir, gua cuma bisa kasian. Dan harus gua ingetin kalo ini semua cuma pendapat gua.

Gua rasa gua cuma harus nerima kalo tiap orang punya pikiran dengan jalur yang beda. Bahkan kalo jalan pikiran mereka malah terbelakang dan berdevolusi ('devolusi' itu lawan 'evolusi', kan?). Dan ini juga nggak ngebantah fakta kalo nggak ada pikiran dari orang tertentu yang 'pasti bener'. Semuanya relatif. Termasuk pikiran gua.

Dan gua rindu nggak punya noda.

Comments

Popular posts from this blog

Review: Goeboek Bamboe

Goeboek Bambu is a nice place, one that I would visit again, and one that I would recommend to my friends. I had luch there with my family last Saturday and I can say that I had a pretty good time. It is located in Jl. Mampang Sawangan No. 12A, and its phone number is (021)77219230. First of all, the price is quite reasonable. There is no such thing as Rp.12.000,- mineral water or Rp.6000,- rice. Furthermore, my parents classified it as "average", and as a college student who is still pretty much living off of his parents, I would say so, too. Second, the food here is quite tasty. Speaking of which, here are some that we ordered: Ayam Mentega Cah Kangkung Ayam Bakar Udang Tepung Nasi Goreng Seafood By the way, eventhough each member of my family picked just one food and one drink, I still got to taste all of them since I told them it was for homework. I chose ayam mentega and avocado juice myself. They are pretty good. The chicken is nice and the avocado has the perfect densi

Daftar Penerbit yang Menerima Naskah Melalui E-Mail

Bagi para penulis muda, salah satu proses krusial supaya tulisan kita bisa diterbitin dan kita berkemungkinan jadi kaya raya bergelimpangan harta adalah mengirimkan naskah ke penerbit. Sayangnya, cuma sedikit penerbit yang mau nerima naskah lewat surel. Hal ini karena para editor lebih mudah nyortir dan baca naskah kita dalam bentuk padat. Bagi kalian yang ngerasa repot harus beli tinta, nge- print-out  naskah ratusan halaman, ngejilid, masukin ke amplop, terus kirim lewat kantor pos, belum lagi ngorbanin pohon-pohon buat dijadiin kertas (ea) ini beberapa penerbit yang bersedia nerima naskah lewat e-mail; Bentang Pustaka Bentang lumayan terkenal nih, penerbit ini kalo nggak salah nerbitin bukunya Dan Brown kayak Da Vinci Code sama Angels and Demons. Kalo salah, mohon maaf, ye. Mereka juga nerima naskah lewat surel. Ada dua kategori, Bentang Pustaka buat naskah umum/dewasa, dan Bentang Belia buat naskah anak/remaja. Ketentuan-ketentuannya bisa dibaca di sini; http://pustakabentang.blogs

Tipe Anak SMA

Oke, jadi tadi malem gua baru aja nonton sebuah film berdurasi 97 menit karya John Hughes yang dibintangi Judd Nelson sama Molly Ringwald. Singkatnya film itu nyeritain gimana lima orang remaja bertolak belakang ngumpul di suatu Sabtu di perpustakaan karena mereka harus dihukum. Guru mereka nyuruh mereka nulis essay masing-masing tentang pendapat mereka tentang diri mereka sendiri. Sepanjang film itu, kita cuma ditontonin kelima remaja ini ngomong dan berinteraksi. Setiap orang mewakili setiap stereotipe dari grup mereka. Ada seorang cewek populer, anak pinter, anak kriminal, anak atlit, dan anak yang pendiem. the criminal, the athlete, the brain, the basket case, the princess, the brain; which one are you? Dan gua bisa bilang, setelah ada Apa Dengan Cinta?, The Breakfast Club mungkin salah satu film remaja terbaik yang gua tonton. Meskipun gua gak tinggal di Amerika, film ini dengan akuratnya memotret kehidupan remaja dan berbagai macam geng dan klub sosial tanpa komitmen yang berlang